LAYANAN
  • BIPA

    Program BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) di UPT P2B dimulai pada tahun ajaran 2010-2011 dengan kelas perdana yang dibuka pada bulan Oktober 2010. Peserta pembelajaran BIPA saat ini adalah seluruh mahasiswa asing UNS yang datang ke UNS pada tahun ajaran berlaku melalui berbagai jalur masuk dan program beasiswa termasuk calon mahasiswa pasca sarjana.

    Mekanisme pembelajaran meliputi ;

    1. Pre-test UK-BINDO
    2. Pelaksanaan Pembelajaran/KBM sebanyak 6 tingkatan ( BIPA Dasar I-IV dan BIPA Akademik I-II)
      - masing-masing tingkat ditempuh dalam 22 pertemuan @ 90 menit
      - masing-masing tingkat didampingi dengan 8 kali tatap muka tutorial ((2 x @ 90 menit/ minggu) yang merupakan pertemuan di luar kelas terstruktur dan dipandu oleh tutor untuk memperkuat kemampuan Bahasa Indonesia mahasiswa dalam bentuk praktek berbahasa khususnya pendalaman kemampuan berkomunikasi dalam topitopicik tertentu.
    3. Post-test bersertifikat UKBI dari Balai Bahasa.

     


    Tingkat pembelajaran ;
    Pembelajaran BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) dibagi menjadi level utama yaitu :

    1. Level Dasar : Dasar I - Dasar IV
      Tujuan : memberikan dasar pengenalan Bahasa Indonesia, kempuan threshold  berbahasa, dan empat keterampilan dasar berbahasa  ( menulis, membaca, menyimak, dan berbicara).
    2. Level Akademik : Akademik I – II
      Tujuan : menyiapkan mahasiswa asing untuk mampu menggunakan Bahasa Indonesia pada ranah akademik yaitu menggunakan empat keterampilan berbahasa dengan penekanan pada kemampuan mendengarkan informasi perkuliahan, menulis, mempresentasikan, dan menyerap informasi melalui buku teks.

    Program untuk Mahasiswa Asing  Program Beasiswa KNB

    1. Berkaitan dengan beban akademik mahasiswa  asing program beasiswa kemitraan Negara Berkembang (KNB) yang akan melanjutkan studi di UNS, program BIPA UPT P2B UNS merencanakan program sebagai berikut:
      • Tutorial lebih difokuskan pada kepentingan akademik
        Tutorial ini untuk mendampingi Kelas BIPA Dasar IV dan akan dimulai pada tanggal 13 Pebruari 2012.
      • Tingkat  tambahan yaitu Tingkat Lanjut/ Advance I – II
        Tingkat lanjut ini dilaksanakan setelah mahasiswa menyelesaikan tingkat Akademik II. Tujuannya adalah memberikan pendalaman penguasaan Keterampilan berbahasa dan menyiapkan mahasiswa untuk proses pembelajaram dengan bahasa pengantar Bahasa Indonesia. Tiap tingkat dilaksanakan dalam 22 tatap muka.
    2. Peserta program BIPA saat ini adalah mahasiswa asing dari berbagai Negara yaitu Rusia, Perancis, Afrika Selatan, Romania, Palestina, China, Jepang, Vietnam, Myanmar, Slovakia, Polandia, Timor Leste, Uzbekistan, Lesotho, Mesir, Thailand, Serbia, Vanuatu dan Kamboja.

Informasi Lain
PENCARIAN HASIL TES

Telusuri hasil tes yang pernah anda ikuti di UPTP2B Universitas Sebelas Maret

JADWAL
Waktu Agenda Detail
00 Desember 0000, 00:00 Jadwal tes TOEFL ITP Tahun 2017
00 Desember 0000, 00:00 TES POTENSI AKADEMIK AKAN DISELENGGARAKAN TANGGAL 02 SEPTEMBER 2017
Jadwal Lain ...
 
BELAJAR BAHASA ASING