PROFIL
  • Sekilas UPTP2B

    UPT. P2B merupakan Unit Pelaksana Teknis Pelayanan dan Pengembangan Bahasa yang bekerja dibawah koordinasi Pembantu Rektor I Universitas Sebelas Maret yang menangani masalah pelayanan dan pengembangan bahasa.

    Kami memberikan layanan yang berupa pelatihan-pelatihan bahasa asing dan jasa penerjemahan baik baik untuk lingkup UNS sendiri maupun masyarakat pada umumnya. Kami juga melakukan pengembangan-pengembangan teknik pembelajaran bahasa melalui pembuatan materi-materi pelajaran maupun pendekatan-pendekatan pengajaran yang efektif melalui short training maupun workshop dengan skala regional maupun nasional. Selain aktifitas tersebut diatas kami juga membuat dan menyediakan materi-materi pengajaran yang berbentuk multimedia seperti kaset, kaset video, vcd, maupun computer-based materials.

    Sejarah Singkat

    UPT P2B pertama kali berdiri sebagai lembaga non struktural dengan nama Unit Pelayanan dan Pengembangan Bahasa (UP2B) dengan SK Rektor tanggal 7 Oktober 1989. Dalam melaksanakan kiprahnya UP2B berada di bawah koordinasi Pembantu Rektor 1 UNS. Pada periode awal, UP2B mendapat bantuan dari International Development Program (IDP) of Australian Universities and Colleges dan semua kegiatan dipusatkan di Fakultas Sastra Jurusan Bahasa Inggris dengan fasilitas yang masih sederhana serta pengelolaan yang masih terbatas.
    UP2B mulai memiliki gedung sendiri sejak Mei 1990. Gedung tersebut memiliki 7 ruang kelas, 1 ruang kantor, 1 ruang pimpinan, 1 ruang rapat/pengajar, 1 laboratorium bahasa, dan 1 ruang yang dirancang khusus sebagai resource centre.
    Melalui SK Rektor tanggal 5 Mei 1992, UP2B ditetapkan sebagai Unit Pelaksana Teknis Pelayanan dan Pengembangan Bahasa (UPT P2B) yang pelayanannya tidak saja terfokus pada internal UNS, melainkan juga melayani masyarakat umum. Di samping itu UPT P2B juga mulai bekerjasama dengan universitas dan institusi lain baik di luar maupun di dalam negeri dalam bentuk seminar, lokakarya, dan berbagai pelatihan kebahasaan.
    Seiring dengan berjalannya waktu, program dan kegiatan di UPT P2B juga semakin bertambah sehingga memerlukan ruang yang lebih luas. Pada bulan Juli 1999, UPT P2B memiliki gedung baru berlantai tiga dengan luas 1050 m2. Gedung tersebut memiliki 8 ruang kelas, 3 laboratorium bahasa, 1 ruang auditorium, 1 ruang studio, 1 ruang administrasi, 1 ruang dosen, dan 1 ruang resource centre. Dengan fasilitas yang lebih lengkap dan ber-ac tersebut, UPT P2B mampu memberikan layanan kebahasaan secara lebih optimal kepada masyarakat luas.

PENCARIAN HASIL TES

Telusuri hasil tes yang pernah anda ikuti di UPTP2B Universitas Sebelas Maret

JADWAL
Waktu Agenda Detail
00 Desember 0000, 00:00 Jadwal tes TOEFL ITP Tahun 2017
00 Desember 0000, 00:00 TES POTENSI AKADEMIK AKAN DISELENGGARAKAN TANGGAL 02 SEPTEMBER 2017
Jadwal Lain ...
 
BELAJAR BAHASA ASING